Muhammad Ainul Arifin

Membuat CRUD Sederhana Dengan PHP Dan MySQL - Hapus Data Database

Kali ini saya akan mempelajari bagaimana cara hapus data pada database.
Gambar terkait 

A. Pendahuluan

1. Pengertian
CRUD adalah singkatan dari  Create, Read, Update, Delete . Jadi singkat cerita CRUD adalah teknik dalam bahasa pemrograman yang berfungsi untuk memanipulasi atau mengelola database. Pertama kita mengenal istilah Create ( Membuat ) maksudnya kita dapat membuat / menambah data ke database, Read ( Membaca ) maksudnya kita dapat menampilkan atau membaca data yang ada di database, Update ( Edit ) maksudnya kita dapat mengedit data - data yang ada di dalam database, Delete ( Hapus ) maksudnya kita dapat menghapus data yang ada pada database. Sedikit informasi bahwa database yang kita gunakan kali ini menggunakan MySQL. 

2. Latar Belakang
Untuk membuat hapus data pada database logikanya link hapus akan diarahkan pada sebuah file dan dibelakangnya kita berikan ?id= lalu kita isikan id mana yang akan dihapus. Untuk menangkap id tersebut kita dapat menggunakan variabel $_GET . Tentunya sobat sudah mengetahui perbedaan antara $_GET dan $_POST.
3. Maksud dan Tujuan
Seandainya kita ingin menghapus data yang tidak penting kita bisa membuatnya.

B. Alat dan Bahan 
  • Pc/Laptop
  • Sublime text/Text Editor
C. Jangka Waktu Pelaksanaan
-

D. Tahapan Pelaksanaan

CARA MENGHAPUS DATA DARI DATABASE DENGAN PHP
Oke kita masuk ke topik pembahasan yaitu Menghapus Data Dari Database Dengan PHP. Pertama buatlah file bernama hapus.php karena pada file index.php kita memberian alamat dari hyperlink adalah hapus.php.


hapus.php

<?php
include"koneksi.php";
$id = $_GET['id'];

mysqli_query($koneksi,"DELETE FROM siswa WHERE id = $id");
header("location: index.php?pesan=delete");
 ?>
 




 

E. Kesimpulan
Yak, data berhasil dihapus ! Saya sudah membahas bagaimana membuat sebuah aplikasi CRUD sederhana mulai dari C sampai D sudah saya ulas semua. Aplkasi ini saya rangkai se sederhana mungkin agar sobat dapat memahaminya dengan mudah.

F. Refrensi

G. Penutup
Sekian postingan kali ini semoga bermanfaat guys. 
Membuat CRUD Sederhana Dengan PHP Dan MySQL - Hapus Data Database  Membuat CRUD Sederhana Dengan PHP Dan MySQL - Hapus Data Database Reviewed by Ainul_Arifin29 on October 07, 2017 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.