Muhammad Ainul Arifin

WEB SERVER

Guys kali ini saya akan memposting tentang WEB SERVER.
 

A. Pengertian
Menurut wikipedia, Web Server adalah sebuah perangkat lunak server yang berfungsi untuk menerima permintaan HTTP atau HTTPS dari klien yang biasa kita kenal dengan browser dan mengirimkan kembali hasilnya dalam dokumen yang berbentuk dokumen HTML di halaman web.
B. Latar Belakang
Sebagai seorang pengembang software atau perangkat lunak, kita diwajibkan untuk memahami tentang web server.
C. Maksud dan Tujuan
  Memahami cara kerja dari web server.
D. Hasil yang diharapkan
- Memahami cara kerja web server
- Memahami pengertian dari web server
- Memahami fungsi atau kegunaan dari web server
E. URAIAN KEGIATAN 

1. Bagaimana cara kerja web server?
 Untuk cara kerja web server, cukup sederhana yang harus kita pahami. Karena pada dasarnya tugas web server hanya ada 2, yaitu :
 a. Menerima permintaan (request) dari klien
b. Mengirimkan apa yang diminta oleh klien (respons)
Untuk lebih jelasnya, bisa dilihat pada gambar dibawah ini :
Penjelasan Gambar :
1. Clien disini berupa komputer dekstop dengan minimal browser terhubung dengan web server melalui jaringan (internet atau intranet).
2. Komputer yang berfungsi sebagai server, dimana didalamnya terdapat perangkat lunak web server. Agar komputer dapat diakses oleh client maka komputer harus terhubung dengan internet.
3. Client akan meminta suatu halaman ke web server, misalnya saja client akan mengakses google. Hal ini dilakukan dengan cara, client mengetikkan suatu alamat di kolom url browser misalnya www.google.com. Lalu setelah client mengetikkan alamat tersebut, client akan menekan tombol enter atau go. Lalu apa yang terjadi?. Melalui media jaringan dan melalui protokol HTTP, akan dicari komputer yang bernama www.google.com. Jika ditemukan, maka seoah-olah akan terjadi permintaan “hai google, ada client yang minta halaman utama nih, ada dimana halamannya?”. Nah, inilah yang disebut dengan request.
4. Sekarang dari sisi server (web server), akan mendapat permintaan halaman utama google dari client, kemudian server akan mencari di komputernya halaman utama google atau yang sesuai dengan permintaan client. Nah untuk proses pencarian, terkadang halaman yang diminta oleh client bisa ketemu bisa juga tidak ketemu. Jika ditemukan, maka halaman yang diminta akan dikirim ke client, namun jika tidak ditemukan, maka server akan memberi pesan “404. Page Not Found.” yang artinya halaman tidak ditemukan.
F. HASIL YANG DIDAPATKAN
Dapat memahami cara kerja dari web server.
G. KESIMPULAN
Web server berfungsi untuk mentransfer berkas atas permintaan pengguna melalui protokol komunikasi yang telah ditentukan.
H. REFERENSI
Sekian postingan kali ini semoga bermanfaat.
WEB SERVER WEB SERVER Reviewed by Ainul_Arifin29 on October 31, 2017 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.