Muhammad Ainul Arifin

Pengenalan Owncloud




Assalammu'alaikum wr. wb.

A. Pengertian
OwnCloud adalah sebuah perusahaan yang mempunyai proyek bernama OwnCloud Project. slogan dari perusahaan ini adalah Your Cloud, Your Data , Your Way!. own cloud ini mirip dengan DropBox tapi OwnCLoud ini adalah open source dan gratis. jadi semua orang bisa bebas mendownload dan menginstal pada pc servernya.


B. Latar Belakang
Ide mengenai ownCloud muncul pada Januari 2010. Saat itu Frank Karlitschek menginginkan perangkat lunak gratis dan bebas untuk dijadikan sebagai solusi untuk permasalahan pada kala itu. Karlitschek merasa bahwa dunia membutuhkan sesuatu yang mudah digunakan, aman, fleksibel dalam mengatur berkas, dan tanpa mengalami kemunduran pada tempat penyimpanannya.

C. Maksud dan Tujuan
menciptakan perangkat lunak yan gratis yang mudah di gunakan aman, fleksibel dalam mengatur dan memanagement berkas tanpa mengalami kemunduran pada tempat penyimpanannya.

D. Alat dan Bahan
Ebook tentang owncloud.

E. Jangka Waktu Pelaksanaan
30 menit

F. Uraian
 
Sejarah
Pada tahun 2010 , Frank Karlitschek pengembang software KDE mengumumkan pengembangan proyek owncloud. hal ini dilakukan dalam rangka memberikan pengganti perangkat lunak bebas untuk penyedia layanan penyimpanan. Perusahaan ini didirikan pada tahun 2011.

Perusahaan bernama OwnCloud Inc. yang dibangun oleh Karlitschek ini telah menarik dana dari investor dan termasuk suntikan dana sebesar 6,3 juta US dollar pada tahun 2014.
pada tahun 2016 Karlitschek dan 12 kontributor meninggalkan OwnCloud yang berakibat ditutupnnya operasi OwnCloud di AS. Kemudian mereka memulai sebuah proyek baru yang bernama NextCloud.

Desain 
OwnCloud ini dapat dijalankan pada sistem operasi Windows,OS X,Free BSD,atau linux. dan dapat juga dijalankan melalui perangkat iOS dan Android. File dan data lainnya dapat dikelola,diakses, dan diupload melalui web browser tanpa software tambahan.
OwnCoud ini dibuat menggunakan bahasa scripting PHP dan JavaScript.OwnCloud dirancang untuk bekerja dengan beberapa sistem manajemen database, diantaranya SQLite,MaiaDB,Oracle Database, dan PostgreSQL.

Fitur 
File OwnCloud disimoan dalam struktur direktori konvensional, dan dapat dakses melalui WebDAV jika perlu.file akan dienkrpsi baik saat istirahat maupun selama transit. OwnCloud dapat meakukan sinkronasi dengan klien lokal dengan sistem operasi Windows,OS X,ataupun berbagai distribusi linux.

Distrbusi 
OwnCloud server dan Client dapat didownload di website OwnCloud dana dapat juga melalui Googke Play dan Spple iTunes, dan repositori yang dikelola oleh ditribusi linux.
ownCloud ini telah terintegerasi dengan desktop GNOME.

G. Kesimpulan
Owncloud ini merupakan OpenSource dan gratis, software ini dapat digunakan untuk penyimpanan file, foto, dll.

H. Referensi
https://en.wikipedia.org/wiki/OwnCloud
http://adelanfri.blogspot.co.id 
I. Penutup
Sekian postingan kali ini semoga bermanfaat.


Wassalammu'alaikum wr. wb.
Pengenalan Owncloud Pengenalan Owncloud Reviewed by Ainul_Arifin29 on October 14, 2017 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.