Muhammad Ainul Arifin

Sublime Text 3 di Linux Minth

Assalamualaikum Wr. Wb



A. Pengertian
Sublime Text Editor adalah editor teks untuk berbagai bahasa pemograman termasuk pemograman PHP. Sublime Text Editor merupakan editor text lintas-platform dengan Python application programming interface (API). Sublime Text Editor juga mendukung banyak bahasa pemrograman dan bahasa markup, dan fungsinya dapat ditambah dengan plugin, dan Sublime Text Editor tanpa lisensi perangkat lunak.

Sublime Text Editor pertama kali dirilis pada tanggal 18 januari 2008, dan sekarang versi Sublime Text Editor sudah mencapai versi 3 yang dirilis pada tanggal 29 januari 2013.

B. Latar Belakang
Sublime text atau bisa dibilang text editor ini berguna dalam pembuatan aplikasi atau bisa dibilang tempat pembuatan dalam mengkoding.

C. Maksud dan Tujuan
Penggunaan sublime text ini sedikit lebih mudah karena fitur-fitur dalam sublime text ini lebih baik dari pada text editor lainnya.

D. Alat dan Bahan
  • PC/Laptop 
  • File installer sublime text 
  • Koneksi internet
E. jangka Waktu
10 Menit

F. Tahap Pelaksanaan
Ada 2 cara untuk menginstall sublime text, yaitu :     1. Melalui Software Manager      2. Melalui Terminal LinuxLangsung saja untuk cara yang pertama...1. Buka Software Manager, lalu ketikan sublime pada kolom search, kemudian tekan enter


2. Akan muncul beberapa pilihan, klik 2x yang sublime-text
3.  Lalu klik Install

4. Tunggu hingga proses downloading selesai


5. Kalau sudah seperti dibawah ini berarti Sublime Text sudah terinstall




Cara yang kedua, yaitu melalui terminal linux...1. Siapkan sublime-text_build-3103_i386.deb yang sudah didownload, jika belum download bisa didapatkan di sini  2. Kemudian, buka terminal linux dan masuk sebagai superuser/root menggunakan perintah " sudo su "3. Pindah direktori dimana file chrome yang sudah didownload tadi berada lalu ketikkan perintah " dpkg -i sublime-text_build-3103_i386.deb " pada terminal4. Jika terdapat error message, ketikkan perintah " apt-get -f install " pada terminal. Kenapa harus menjalan perintah tersebut ? dikarenakan ada beberapa file pendukung yang tidak ada untuk menginstall chrome, file pendukung tersebut kita install dengan menggunakan perintah " apt-get -f install ".5. Installasi selesai, silakan buka sublime text pada menu linux.
   
G. Kesimpulan 
Berdasarkan kegiatan ini kita bisa menyimpulkan bahwa Sublime text adalah aplikasi text editor untuk berbagai bahasa pemrograman dan installasi sublime text ada 2 cara, yaitu melalui software manager dan terminal linux. 

H. Referensi 
https://linux.tutorials.id/linux-application/cara-install-sublime-text-3-di-ubuntu/

I. Penutup
Sekian postingan kali ini semoga bermanfaat. 

Wassalamu'alaikum Wr. Wb
Sublime Text 3 di Linux Minth Sublime Text 3 di Linux Minth Reviewed by Ainul_Arifin29 on July 15, 2017 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.