Muhammad Ainul Arifin

Di Kantor Arsip dan Perpustakaan

Guys kali ini saya akan memposting kegiatan di kantor ARSIP & PERPUSTAKAAN.

Hasil gambar untuk kantor dinas arsip kabupaten klaten


 A. Pendahuluan
Kali ini saya akan memposting tentang kegiatan saya pada hari senin. Hari senin saya di ajak mbah suro pergi ke arsipus daerah klaten bersama teman saya, abang salam, dan abang ari. Ya, langsung saja saya bahas. Disana abang salam menjealaskan bahwa dia membuat aplikasi perpustakaan menggunakan slim akasia. Tapi pejabat arsipus masih menggunakan slim yang versi lama yaitu menggunakan slim cendana.
1. Pengertian
SLiMS adalah Open Source Software (OSS) berbasis web untuk memenuhi kebutuhan automasi perpustakaan (library automation) skala kecil hingga skala besar. Dengan fitur yang cukup lengkap dan masih terus aktif dikembangkan, SLiMS sangat cocok digunakan bagi perpustakaan yang memiliki koleksi, anggota dan staf banyak di lingkungan jaringan, baik itu jaringan lokal (intranet) maupun Internet.
2. Latar belakang
Karena ingin mempermudah warga setempat jika ingin membaca buku tidak usah pergi ke perpustakaannya, mereka tinggal membuka aplikasi perpustakaan online.
3. Maksud dan tujuan
Agar minat baca warga meningkat dan mereka bisa membaca-baca dimana-mana.
4. Jangka waktu pelaksanaan
3 jam
B. Alat dan bahan
1. PC/laptop
2. Slim akasia
C. Uraian kegiatan
Di arsipus dan perpustakaan daerah kita bertemu dengan pejabat-pejabat di situ. Disana kita berdiskusi tentang aplikasi perpustakaan online bisa berjalan. Abang Salam menjelaskan bahwa dia sudah banyak membuat aplikasi perpustakaan. Dia pernah membantu universitas mulawarman untuk membuat aplikasi tersebut. Lalu dia menjelaskan bahwa di aplikasi tersebut berisi tentang mendaftar jadi anggota perpustakaan, mengimput buku, kartu anggota, peminjaman buku, pengembalian buku, mencetalk label dan barkot buku. Intinya seperti itulah yang dijelaskan bang salam.
D. Kesimpulan
Aplikasi tersebut di buat agar meningkatkan minat baca warga klaten, dan warga bisa membaca langsung dimana saja. Mereka tinggal membuka apliksi tersebut dan membacanya.
E. Refrensi
-
Sekian postingan kali ini semoga bermanfaat.
Di Kantor Arsip dan Perpustakaan Di Kantor Arsip dan Perpustakaan Reviewed by Ainul_Arifin29 on September 09, 2017 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.