Muhammad Ainul Arifin

Apa Itu Telekomunikasi

Assalamualaikum Wr.Wb

Gambar terkait
A. Pengertian
  Telekomunikasi adalah sebuah komunikasi jarak jauh / teknik pengiriman atau penyampaian informasi dari suatu tempat ke tempat lain. Ada 3 macam telekomunikasi yaitu :

  1. Komunikasi satu arah(Simplex) adalah telekomunikasi yang pengirim dan penerima tidak dapat berkesinambungan walaupun dalam media yang sama. Contoh:Televisi dan Radio.
  2. Komunikasi dua arah(Duplex) berbeda dengan yang sebelumnya duplex adalah telekomunikasi yang antara pengirim dan penerima dapat berkesinambungan/berhubungan melalui media yang sama.  Contoh:Telepon dan voice over internet protocol(Voip)
  3. Komunikasi semi dua arah(Half duplex) adalah telekomunikasi yang pengirim dan penerima berkomunikasi secara bergantian namun tetap berkesinambungan. Contoh : Handy talkie dan Chat room
Perangkat telekomunikasi bertugas sebagai penghubung antara pemakainya dan pemakai lainya, pemakaian nya bisa secara berdekatan dan juga bisa secara berjauhan, menyadari arti dari telekomunikasi itu sendiri yaitu (tele=jauh,komunikasi=hubungan dengan pertukaran informasi). Secara teknis telekomunikasi dikembangkan manusia untuk menembus jarak dan waktu dalam hal berhubungan baik melalui media apapun. Jadi telekomunikasi adalah segenap perangkat yang menghubungkan pemakainya(umunya manusia) dengan pemakai lain, sehingga kedua pemakai tersebut saling bertukar informasi dengan cara bicara,menulis,menggambar dan mengetik.

B. Latar belakang

  Memahami konsep dasar telekomunikasi.

C. Maksud dan Tujuan
  Faham dan Mengerti apa itu Telekomunikasi.

D. Alat dan Bahan

  • Laptop
  • Materi/Modul tentang Telekomunikasi
E. Waktu pelaksanaan
1-2 jam.

F. Refrensi
-

G. Kesimpulan 
Jadi pada zaman sekarang ini telekomunikasi sangat dibutuhkan setiap orang.

H. Penutup
Sekian postingan kali ini semoga bermanfaat.

Wassalamualaikum Wr. Wb. 
Apa Itu Telekomunikasi Apa Itu Telekomunikasi Reviewed by Ainul_Arifin29 on November 03, 2017 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.