Muhammad Ainul Arifin

VLAN (Virtual LAN)

Assalammu'alaikum wr. wb.
Hasil gambar untuk VLAN
A. Pengertian
VLAN (Virtual LAN) merupakan mekanisme untuk memisahkan sebuah LAN yang besar (terdiri dari sangat banyak komputer) ke beberapa logical LAN yang lebih kecil, atau bisa juga disebut sebuah mekanisme pemisahan broadcast domain yang besar  ke beberapa broadcast domain yang lebih kecil.
B. Latar Belakang
Untuk Mengetahui pelajaran anak TKJ itu bagaimana, dan biar tahu apa maksudnya vlan.
C. Maksud dan Tujuan
-Mengehemat biaya
-Keamanan jaringan
D. Uraian 
Mengapa menggunakan VLAN?
Sebuah PC akan mengirimkan broadcast di saat-saat tertentu misalnya pada saat PC tersebut baru baru terhubung ke LAN, mengirim semacam paket ke semua PC agar PC-PC yang lain tahu ada PC baru yang terhubung. Yup, semakin banyak komputer dalam sebuah jaringan, maka akan semakin banyak juga broadcast traffic yang terjadi di dalam jaringan, dalam hal ini bisa disebut broadcast domain. Tentu hal tersebut akan memakan banyak bandwidth yang akan berpengaruh pada performa jaringan. Untuk mengatasi hal tersebut, tentunya dengan memisahkan sebuah broadcast domain yang besar tersebut ke beberapa broadcast domain yang lebih kecil.
contoh nyata misalnya jika sebuah switch menghubungkan 100 PC dalam satu LAN, pada saat terjadi broadcast tentunya tiap PC akan mengirim paket ke 99 PC lainya, dan bisa saja beberapa PC mengirim broadcast di waktu yang bersamaan, tentunya akan menguras banyak sekali bandwidth. Maka dari itu perlu di bagi menjadi beberapa VLAN, misal nya 5 VLAN. Jadi masing-masing VLAN hanya terdiri dari 20 PC. Broadcast ke 19 PC Vs. broadcast ke 99 PC, anda pasti tahu bedanya.
E. Temuan Permasalahan
Saya tidak mengerti sama sekali tentang VLAn, karena saya anak RPL.
F. Referensi

G. Penutup
Sekian postingan kali ini semoga bermanfaat.


Wassalammu'alaikum wr. wb.
VLAN (Virtual LAN) VLAN (Virtual LAN) Reviewed by Ainul_Arifin29 on November 07, 2017 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.